10 Tips Menghemat Baterai Android

Cara menghemat baterai android


Baterai ponsel yang awet kini menjadi hal penting dalam penggunaan smartphone. Ponsel yang canggih sekalipun tentu kurang mantap jika daya tahan baterainya cepat terkuras. Meski kini banyak smartphone yang dibekali baterai berkapasitas besar agar lebih awet, masih ada beberapa cara untuk memaksimalkan kinerja penunjang daya hidup ponsel tersebut.

Agar baterai ponsel tetap awet, cobalah tips-tips dibawah ini :


1. Gunakan Latar belakang berwarna gelap

Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED ( biasanya Samsung ), gunakan latar belakang berwarna gelap, karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Piksel hitam gelap , sehingga piksel lebih hitam yang Anda miliki , atau piksel lebih gelap , kurang baterai yang Anda butuhkan untuk menerangi mereka.

2. Non aktifkan paket data jika tidak digunakan

Ini tergantung fitur yang diberikan ponsel anda, beberapa ponsel seperti sony xperia dan seri samsung terdapat fitur mematikan paket data hanya dengan sekali tekan. Lakukan ini jika memang ponsel anda tidak akan digunakan.

3. Non aktifkan Gps jika tidak digunakan 

Gps di matikan  jika tidak sedang mencari lokasi ini juga bisa mengakibatkan boros baterai.

4. Jangan menggunakan auto brightness

Ini mungkin baik , tapi auto brightness biasanya terangnya benar-benar dibutuhkan oleh anda. Lebih baik secara manual dan diatur super rendah. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai.

5. Matikan bergetar (Vibrate) 

Kecuali Anda benar-benar membutuhkan. mengapa harus dimatikan? karena vibrate ini benar-benar membutuhkan lebih banyak daya untuk bergetar.

6. Matikan koktivitas wifi & bluetooth

Matikan konektivitas seperti Wifi dan Bluetooth jika tidak dipakai, aktifkan kembali jika memang akan digunakan.

7. Jangan terlalu banyak membuka aplikasi secara bersamaan

Jangan membuka atau menggunakan banyak aplikasi atau fitur secara bersamaan karena akan membuat perangkat Android panas dan pastinya membuat baterai lebih cepat habis, gunakan saja seperlunya dan jangan berlebihan.

8. Matikan/bekukan aplikasi yang tidak penting

Terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang akan membuat baterai kita cepat habis, dan salah satu nya kita dapat menonaktifkan/membekukan aplikasi dengan cara menggunakan aplikasi titanium backup atau aplikasi sejenisnya yang dapat menonaktifkan dan membeku kan aplikasi.

9. Perhatikan flash dan wallpaper

Fitur flash pada kamera ternyata memakan daya baterai cukup besar. Matikanlah flash untuk memperpanjang daya baterai. Selain itu, wallpaper animasi atau yang bergerak seperti gif juga menghabiskan baterai dengan lebih cepat. Sebaiknya gunakan saja wallpaper statis atau yang tidak bergerak.

10. Jaga suhu ponsel

Ponsel yang terkena suhu panas akan semakin memperlemah daya tahan baterai dan membuatnya lebih cepat rusak. Janga biarkan ponsel terpapar suhu panas secara berlebihan atau terkena sinar matahari langsung. Baterai akan lebih awet jika ponsel digunakan dalam suhu kamar yang terasa sejuk dan dingin.





Cukup sekian dari postingan kali ini, mungkin hanya itu 10 tips menghemat baterai agar tetap awet. Semoga dapat bermanfaat bagi pembaca. Byee...


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »